Home » » Ekselensi dan Hikmah Puasa

Ekselensi dan Hikmah Puasa

Written By ASPeMusik on 7.8.10 | 08.39

Menjelang bulan Ramadhan yang hanya tinggal beberapa hari. Tentu pembicaraan dan bahasan soal apapun yang berkaitan dengan Ramadhan adalah hal yang paling menarik perhatian.

Sebagai seorang muslim yang ingin melaksanakan kewajiban dalam agamanya dengan baik,sudah sewajarnya jika dia ingin tahu lebih terhadap apa yang jadi kewajibannya. Bentuk akan kesemangatan dia dalam menempuh dan melakukan kewajiban dengan sebaik-baiknya.

Dalam catatan kali ini,penulis ingin mengajak para sahabat,untuk melihat dan memahami Ramadhan dari beberapa sudut pandang yang seyogyanya diketahui.

Sedikit maklumat, Ramadhan sendiri secara arti bahasa adalah panas membakar.
Nama ini digunakan,sebab pada bulan itu,panas matahari begitu dahsyatnya membakar pasir,terlebih di Timur Tengah (dan memang begitu kenyataannya). Dalam istilah hakikat,arti nama bulan ini yaitu bulan ketika dosa-dosa tengah terbakar.

Itu jika Ramadhan. Adapun puasa atau Shoum/Shiyam,secara bahasa,artinya adalah menahan. Sedangkan secara pengertian syariat, menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang berkaitan dengan hubungan biologis sejak terbitnya fajar (tepat adzan subuh) sampai terbenamnya matahari (tepat adzan maghrib) dengan niat tertentu.

HIKMAH & EKSELENSI PUASA RAMADHAN

Biasanya,untuk membangkitkan dan mendorong kesemangatan dalam ibadah,tak sedikit di antara kita yang ingin mengerti dan tahu apa saja hikmah daripada suatu ritual ibadah itu sendiri. Begitu pula ramadhan. Kita pasti kerap bertanya,apa sih hikmah puasa itu sendiri di bulan Ramadhan ini? Kenapa diwajibkan pada kita? Sebulan penuh lagi. Apa juga ekselensi daripada puasa ini?

Di antara ekselensi puasa adalah, bahwa ibadah puasa itu hanya diperuntukkan secara khusus bagi Allah, mengingat dalam puasa,orang meninggalkan nafsu dan syahwat hanya karena Allah saja,tak satupun yang tahu. Berbeda dengan amalan lain yang bisa dilihat dan kemungkinan ada kepentingan pribadi tak baik berkedok kesalehan.

Dalam sebuah hadits Qudsi tersebutkan, bahwa setiap amal kita,itu teruntuk kita sendiri,kecuali puasa,hanya untuk Allah saja,dan Dia yang akan membalas sendiri puasa kita itu.

Soal hikmah,tak bisa dihitung sebab banyaknya,namun ada baiknya kita tahu sebagian :
@ Puasa melatih kesabaran
@ Puasa melatih kita untuk disiplin waktu
@ Puasa bisa menumbuhkan himmah dan kemauan kuat di hati
@ Puasa mendidik dan memupuk dalam diri kita rasa egaliter (persamaan derajat) antar manusia. Kecuali hanya taqwa,dan itupun Allah yang tahu.
@ Puasa menumbuhkan rasa kasih sayang dan sikap peduli terhadap sesama.
@ Puasa memberi tahu pada kita bagaimana rasa tak enaknya lapar dan haus yang dialami saudara-saudara kita yang miskin.
@ Puasa melatih kita untuk menahan nafsu kita,terutama segala hal yang berkaitan dengan lain jenis.
@ Puasa menjadikan tubuh kita sehat.
@ Puasa mengistirahatkan sejenak sebagian kerja organ dalam tubuh kita yang terus menerus aktif selama 11 bulan
@ Puasa adalah perisai dari api neraka..

Nah,setidaknya dengan tahu ini,diharap puasa kita tahun ini makin semangat,dengan target-target yang harus kita susun mulai sekarang. Terutama al-Qur'an. Targetkan untuk bisa khatam meski sekali. Syukur-syukur jika berani mentargetkan diri menghafal juz Amma..

Tanya.. Lalu apa saja amal ibadah yang perlu kita lakukan di puasa? Apa saja kesunnahan,kemakruhan dalam puasa itu sendiri..ikutin posting berikutnya (dikirim Ustd Awy' Ameer Qolawun dari makah)

6 komentar :

Posting Komentar

Terimakasih silaturahminya,Ingsyaalloh kami balik mengunjungi

Entri yang Diunggulkan

Coboy Junior. Jelmaan Dari Boyband Coboy

Memang sangat fenomenal sekali Coboy Junior ini. dalam waktu singkat namanya melejit di kancah musik Indonesia dan terus dielu elukan p...

Queen Resort Parangtritis Parangtritis Parangtritis Queen Resort Parangtritis Queen Resort Parangtritis Queen Resort Parangtritis