Home » » Bintang Budaya

Bintang Budaya

Written By ASPeMusik on 11.11.10 | 17.04

Bintang Budaya untuk menghargai apa yang sudah diperjuangkan Budayawan kita untuk sumbangsihnya diseni budaya pada bangsa ini.hari ini 11/10/10 resmi diserahkan. Memang pemerintahan yang sekarang perlu di acungi jempol untuk terobosan merangkul Budayawan agar giat berkarya..Semoga ini awal yang baik untuk kelangsungan hidup seni budaya dimasa mendatang, biar karya dari anak negri ini tidak tercecer dipungut bangsa lain.

Delapan Budayawan Indonesia diberi anugerah Bintang Budaya di Istana Negara dalam rangka hari pahlawan pada hari kamis.Dan uniknya penghargaan ini diberikan pada Budayawan jaman pujangga Ronggo Warsito ..Untuk selengkapnya nama nama sang legendaris itu ASPeMusik mendapati warta yang dikabarkan Berita ANTARA.silahkan simak laporannya

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Dewan Gelar, Tanda Kehormatan, dan Tanda Jasa memberikan tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma kepada delapan budayawan dan seniman.

Pemberian tanda kehormatan itu dilakukan dalam acara penganugerahan gelar pahlawan dan gelar kehormatan di Istana Negara, Jakarta, Kamis, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tanda kehormatan yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden nomor 55 TK/2010 itu diberikan kepada pelukis Prof Sjafei Soemardja (alm), dalang Ki Nartosabdo (alm), pelukis Dr (Hc) Affandi Koesoema (alm), budayawan Romo Yosef Bilyarto Mangunwijaya (alm), sutradara Drs. Sjumandjaja (alm), budayawan W.S. Rendra (alm), maestro jaipong Mimi Rasinah (almh), dan maestro angklung Udjo Ngaladena (alm).

Seniman lain, Abdul Kadir (alm) mendapatkan tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.

Dalam acara itu, pemerintah juga menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada dua jurnalis foto pada masa revolusi, yaitu Alexius Impurung Mendur (alm) dan Frans Soemarto Mendur (alm).

Akademisi Dr Marwoto Hadi Soesastro (alm) juga mendapat Bintang Jasa Pratama atas perannya sebagai Direktur Eksekutif Center of Strategic and International Studies (CSIS).

Tanda kehormatan lain adalah Bintang Mahaputera Adipradana yang diberikan kepada lima tokoh besar, yaitu pujangga Ronggowarsito (alm), Kanjeng Gusti Pangeran AA Mangkoenagoro IV (alm), pejuang dari Sulawesi Tengah Sayyid Idrus bin Salim Al Jufrie (alm), budayawan Prof Sutan Takdir Alisjahbana (alm), dan pelukis Raden Saleh Syarif Bustaman (alm).

Pemerintah juga menganugerahkan Bintang Mahaputera Utaman kepada tokoh pejuang dari Sulawesi Tengah Andi Makkasau Parenrengi Lawawo (alm) dan tokoh pejuang dari Sulawesi Selatan Andi Depu (almh).

9 komentar :

  1. nice info ,,this is my first time i visit your site...hope i'll learn much about information on your site..
    regards

    BalasHapus
  2. thank you friend. . visit and your comment, an inspiration to work better
    We appreciate your visit

    BalasHapus
  3. Great Blog. Wish all the best. thanks for Comment.:) Will Check it weekly :)Good luck.

    BalasHapus
  4. thank you friend
    we hope, the relationship does not stop here

    BalasHapus
  5. Nice info...
    salam kenal,,
    Oia,kalo sempet silahkan mampirke blog saya,,
    terima kasih

    BalasHapus
  6. BlogQ @

    hehe thnks sob sudah mampir.kembali salam

    BalasHapus
  7. yah begitu seharusnya menghormati seniman, karena dengan ide dan kreatifitasnya kita mempunyai masterpiece untuk dibanggakan pada dunia, kebetulan ane sangat ngefans sama sutan ronggowarsito, ki narto sabdo, raden saleh pelukis maestro indonesia pertama. beliau membawa kahsanah kesenian indonesia kepada modernitas tanpa meninggalkan ciri khas indonesia yang kita miliki. posting yang bagus gan...tetap semangat yaa....keep spirit and do the best

    BalasHapus
  8. Wah ronggo warsito tuch manyab, karyanya dalem banget perspektifnya, hemm apa kabar sobat lama engga berkunjng kesini, mudah2 selalu baik dan semangat yap! salam ceria

    BalasHapus
  9. @ bloekoetoek

    benar sob,siapa lagi yang mau ngejunjung budaya.klo bukan dari kita sendiri..

    @ depalpiss

    budayawann masa lampau memang sangat tangguh,terbukti dengan warisan budaya yg di tinggalkan..thnks sob

    BalasHapus

Terimakasih silaturahminya,Ingsyaalloh kami balik mengunjungi

Entri yang Diunggulkan

Coboy Junior. Jelmaan Dari Boyband Coboy

Memang sangat fenomenal sekali Coboy Junior ini. dalam waktu singkat namanya melejit di kancah musik Indonesia dan terus dielu elukan p...

Queen Resort Parangtritis Parangtritis Parangtritis Queen Resort Parangtritis Queen Resort Parangtritis Queen Resort Parangtritis